10 PENGHIANAT BESAR DALAM DUNIA SEPAKBOLA

– 1. Ashley Cole, Arsenal ke Chelsea

Bek Inggris yang berusia 34 tahun ini merupakan salah satu pemain yang paling dibenci oleh fans Arsenal. Karir Cole melesat di Arsenal dan sebenarnya ia harus berterima kasih banyak kepada klub yang telah membesarkan namanya tersebut.

Air susu dibalas air tuba, mungkin ungkapan ini cocok untuk dirinya; tanpa sepengetahuan beberapa pihak, Cole menandatangani kontrak ilegal dengan klub Chelsea. Di saat dirinya disuruh untuk memilih antara Chelsea dan Arsenal, ia memilih bergabung dengan Chelsea. Para fans The Gunners mengutuki aksinya tersebut dan kebencian pun timbul dalam seketika.

– 2. Luis Figo, Barcelona ke Real Madrid

Bagi fans Barca sosok Luis Figo bagaikan Yudas Iskariot yang tega mengkhianati Yesus, namun di mata fans Madrid sosok Luis Figo bagaikan orang berdosa yang telah bertobat ke arah jalan yang benar. Ia dipuji sebagai salah satu pemain terbaik di dunia dan selama 5 tahun di Barcelona karirnya terbilang mentereng, ia pun sering memenangkan beberapa gelar bersama klub Catalans.

Mimpi buruk fans Barca terjadi pada musim panas tahun 2000, Figo membuat suatu langkah mengejutkan dengan hijrah ke Real Madrid yang merupakan rival abadi Barca. Fans Barca marah besar, setiap kali El Clasico berlangsung dan kebetulan Luis Figo mengambil tugas tendangan pojok, para fans Barca melontari dirinya dengan berbagai macam benda termasuk kepala babi.

– 3. Sol Campbell, Tottenham ke Arsenal

Mantan bek Inggris yang bernama Sol Campbell ini bisa dibilang bek tersukses di Liga Premier Inggris karena dedikasinya dalam meniti karir selama 19 tahun di dunia sepakbola Inggris. Ia bahkan digadang-gadang sebagai salah satu bek terbaik dari generasinya.

Setelah membela Tottenham selama 9 tahun, Sol Campbell mendarat ke Arsenal. Hal tersebut ternyata memicu kebencian yang mendalam bagi para fans Tottenham. Bahkan fans Spurs memanggilnya dengan sebutan “Judas” karena meninggalkan Tottenham. Dia sangat dibenci namun menjadi pahlawan bagi The Gunners.

– 4. Zlatan Ibrahimovic, Juventus, Inter Milan dan AC Milan

Penyerang asal Swedia ini terbilang jauh dari kata loyalitas untuk satu klub. Ibra bisa dibilang salah satu striker mematikan di dunia dan ia juga terkenal lantaran banyak mendapat kebencian dari fans yang pernah dibelanya.

Debutnya pertama kali adalah bergabung dengan Juventus dan ia berhasil mempersembahkan 2 gelar Serie A lalu tak lama ia berangkat ke Inter Milan dan lagi-lagi berhasil memenangkan 3 gelar Serie A, saat itu sosok Ibra adalah pahlawan besar bagi para fansnya. Pada tahun 2010, harapan para fans AC Milan harus pupus karena ia akhirnya hijrah ke AC Milan yang merupakan rival abadi Inter Milan.

– 5. Emmanuel Adebayor, Arsenal ke Tottenham

 border=

Adebayor merupakan salah satu pemain yang paling dibenci di kota London. Alasannya adalah Adebayor memilih hengkang dari Arsenal pada tahun 2009 dan segera bergabung dengan Manchester City. Kebencian para fans Arsenal semakin bertambah tatkala Adebayor sukses mencetak gol melawan Arsenal dan merayakan selebrasi provokatif di depan para fans Arsenal. Tidak sampai disitu, ia kemudian bergabung ke Tottenham Hotspur pada musim panas 2012 dan menjadi seorang pengganggu fans The Gunners.

– 6. Robin Van Persie, Arsenal ke Manchester United

Van Persie adalah sosok pahlawan dan juga sosok paling dibenci oleh fans Arsenal. Ia telah menghabiskan waktu selama 8 tahun membela klub The Gunners dan merupakan salah satu striker paling produktif mencetak gol di Liga Premier Inggris.

Ia menolak memperpanjang kontrak dan memilih untuk hijrah ke Red Devil pada musim panas 2012 dengan alasan selama waktu 8 tahun tersebut ia tidak pernah mencicipi gelar apapun di Emirates. Tampaknya para fans Arsenal tidak akan melupakan langkah Van Persie dalam waktu yang cukup lama.

– 7. Carlos Tevez, Manchester United ke Manchester City

Striker Argentina ini telah berganti beberapa klub sepanjang karirnya, tetapi kepindahannya dari MU ke MC pada musim panas tahun 2009 memicu sebuah kontroversi besar. Carlos Teves sebelumnya bergabung dengan MU atas kesepakatan pinjaman selama 2 tahun dan ia berhasil mempersembahkan gelar Liga Premier 2 kali dan Liga Champion 2008. Kabar yang mengejutkan terjadi setahun kemudian, ia pindah ke Citizens sehingga memicu kebencian mendalam dari para fans MU.

– 8. Mario Gotze, Borussia Dortmund ke Bayern Munchen

Dunia sepakbola modern sering dibanjiri dengan kasus-kasus pemain yang rela meninggalkan klub yang membesarkan namanya dan memilih hijrah ke klub rival. Ketika Mario Gotze meninggalkan Borussia Dortmund ke Bayern Munchen pada musim panas 2013, sejumlah fans BVB menilai dirinya mata duitan. Namun pria 22 tahun itu menapik penilaian tersebut dan mengklaim bahwa dirinya menyukai sosok sang pelatih Pep Guardiola, setelah mendengar perkataan itu fans BVB marah besar dan kecewa.

– 9. Cesc Fabregas, Arsenal ke Chelsea

Gelandang Spanyol ini sukses meniti karirnya selama 8 tahun di Arsenal sebelum memutuskan untuk bergabung ke klub masa kecilnya yaitu Barcelona pada musim panas 2011. Musim pertamanya di Camp Nou terbilang cukup baik; namun pada musim kedua dan ketiganya di Barcelona, ia seperti tidak menemui pola permainan yang ciamik dan bahkan kerap kesulitan beradaptasi dengan strategi pelatih.

Saat di Barcelona, ia pernah mengatakan sebelumnya ke media jika dirinya tidak pernah berpikir akan kembali lagi ke Liga Premier Inggris. Hal yang paling mengecewakan fans Arsenal adalah Fabregas memutuskan untuk bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2014.

– 10. William Gallas, Chelsea ke Arsenal

Mantan bek gaek asal Perancis, William Gallas adalah salah satu bek tertangguh di jamannya. Setelah bertugas menjaga lini belakang The Blues Chelsea selama 5 tahun, Gallas menolak untuk menandatangani perpanjangan kontrak baru dengan Chelsea dan mengklaim bahwa The Blues tidak memenuhi permintaan gajinya.

Chelsea sebenarnya tidak ingin ia hengkang dari Stamford Brigde, tapi apa daya bek tengah Perancis tersebut mengancam akan mencetak gol bunuh diri jika ia tidak dilepaskan. Ia kemudian hijrah ke Arsenal dan menjadi orang yang paling dibenci oleh fans Chelsea.

Comments are closed.